Berbagi Informasi Lowongan Kerja Terbaru, Update Informasi Festival, Lomba, dan Olimpiade Tingkat Nasional maupun Internasional

Tips Wawancara: Berikan Jawaban Yang Tepat


Bagi Anda yang sedang mencari/melamar suatu pekerjaan, Lowongan Kerja Terbaru memberikan tips bagaimana cara menghadapi wawancara pekerjaan. Alangkah baiknya Anda mengetahui hal-hal penting berkaitan dengan tahapan wawancara pekerjaan. Berikut adalah tips menjawab dengan tepat pertanyaan wawancara kerja:


“Ceritakan tentang diri Anda”
Saat ditanya tentang hal ini, ceritakan singkat tentang latar belakang pendidikan Anda dan pengalaman pekerjaan sebelumnya. Pastikan apa yang Anda ceritakan berkaitan dengan bidang perusahaan tempat Anda diwawancara. Menurut konsultan dan penulis buku karir Roy Cohen, dikutip Career Builder, terlalu banyak informasi hanya akan membingungkan si pewawancara. Karena itu Anda harus tahu batasannya, mana yang relevan dan mana yang tidak. 

“Kenapa Anda tinggalkan kantor yang dulu?”
Pertanyaan ini bisa menjadi seperti pisau bermata dua. Di satu sisi, jika Anda mengatakan ingin mencari tantangan baru, maka si pewawancara bisa berpikir Anda adalah tipe orang yang gampang bosan. Lebih baik berikan alasan yang spesifik, misalnya, ada perubahan di manajemen perusahaan yang tidak sesuai dengan tujuan personal Anda, atau Anda mencari jenjang karir yang tampaknya tidak bisa diberikan perusahaan tempat Anda bekerja dulu. 

“Apa kekuatan dan kelemahan Anda?”
Tolong berhenti mengatakan, “saya perfeksionis”, sebagai salah satu kekuatan Anda. Lebih baik, sebutkan beberapa kekuatan yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Ketika bicara soal kelemahan, berikan sesuatu yang realistis dan jelaskan juga Anda selalu berusaha untuk memperbaiki kelemahan Anda tersebut.
Pastikan juga agar kelemahan Anda itu tidak secara langsung berkaitan dengan pekerjaan, misalnya, Anda melamar jadi marketing tapi mengatakan bahwa kelemahan Anda pemalu dan tidak mudah bergaul dengan orang baru. Padahal bidang marketing memerlukan seseorang yang supel, ramah, dan mudah beradaptasi di lingkungan baru. 

“Apa ekspektasi gaji Anda?”
Jika mungkin, sebaiknya hindari membicarakan gaji hingga di akhir proses rekrutmen, atau ketika Anda sudah bicara dengan bagian SDM. Tapi apabila pewawancara menanyakan hal ini, cobalah berikan jumlah kisaran dan katakan Anda terbuka untuk negosiasi. Pastikan juga Anda melakukan survei mengenai kisaran gaji untuk posisi tersebut, agar Anda tidak memberikan angka yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.


Berikut adalah hal-hal yang sering diajukan/ditanyakan oleh pewawancara pada saat wawancara pekerjaan
  1. Ceritakan tentang diri Anda!
  2. Apa kelemahan Anda?
  3. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?
  4. Mengapa Anda ingin bekerja di sini?
  5. Apa visi Anda? Bagaimana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun ke depan?
  6. Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda saat ini?
  7. Apakah Anda puas dalam pekerjaan Anda?
  8. Apa yang dapat Anda lakukan untuk kita, yang calon lain tidak dapat menawarkan?
  9. Apa tiga hal positif akan bos terakhir Anda katakan tentang Anda?
  10. Berapa gaji yang Anda cari? Atau berapa gaji yang Anda harapkan?
Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi Anda.
0 Komentar untuk "Tips Wawancara: Berikan Jawaban Yang Tepat"

Bagi para pengunjung silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel. Tidak diperkenankan menyisipkan link aktif.
Komentar yang mengandung unsur pornogafi, kekerasan, pelecehan atau menyinggung SARA akan dihapus.

Jangan sampai komentar Anda masuk SPAM!

Back To Top